Senin, 15 Desember 2014

BASIS DATA (DATABASE)



Database adalah Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Saat ini perkembangan dan kemajuaan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang dengan sangat pesat. Berbagai kemudahan memperoleh informasi dari penjuru dunia dapat kita nikmati dalam hitungan detik. Pada saat " Zaman Batu " teknologi informasi dan komunikasi dianggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin, kini menjadi kenyataan. Dengan teknologi yang luas ini kita harus dapat memanfaatkannya. Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari.
Mulai dari mengerjakan pekerjaan kantor multimedia, bahkan hiburan. Perkembangan komputer semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita sebagai manusia mau atau tidak  harus mengikuti perkembangan kemajuan teknologi khususnya bidang komputerisasi agar tidak termakan oleh alat yang kita buat sendiri.

  Basis data( database ) memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahan. Informasi dapat diperoleh dengan cepat dengan data yang mendasarinya telah disimpan dalam basis data. Sebagai contoh, mekanisme pengambilan uang pada atm (anjungan tunai mandiri). Sesungguhnya didasarkan pada pengambilan keputusan yang didasarkan pada basis data.

Sejarah Database
            Menurut sejarah, system pemrosesan basis data terbentuk setelah masa sistem pemrosesan manual dan sistem pemrosesan berkas. Sistem pemrosesan manual ( berbasis kertas ) merupakan bentuk pemrosesan yang menggunakan dasar berupa setumpuk rekaman yang disimpan pada rak-rak berkas.
 Jika berkas-berkas tersebut diperlukan, berkas tersebut harus dicari pada rak-rak tersebut. Sistem pemrosesan berkas merupakan sistem komputer, dimana sekelompok rekaman disimpan pada sejumlah berkas secara terpisah. Perancangan sistem ini didasarkan pada kebutuhan individual pengguna, bukan kebutuhan sejumlah pengguna. Sehingga setiap aplikasi menuliskan data tersendiri, alhasil ada kemungkinan data yang sama terdapat pada berkas-berkas lain yang digunakan oleh program aplikasi lain.
2.2 Pengertian Database
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS).
Terdapat dua jenis bahasa komputer yang digunakan saat kita ingin membangun dan memanipulasi sebuah basis data, yaitu:
1.     Data Definition Language (DDL)
DDL digunakan untuk mendefinisikan, mengubah, serta menghapus basis data dan objek-objek yang diperlukan dalam basis data, misalnya tabel, view, user, dan sebagainya. Secara umum, DDL yang digunakan adalah CREATE untuk membuat objek baru, USE untuk menggunakan objek, ALTER untuk mengubah objek yang sudah ada, dan DROP untuk menghapus objek. DDL biasanya digunakan oleh administrator basis data dalam pembuatan sebuah aplikasi basis data.
jadi gampangnya DDL digunakan ketika kita ingin membuat, mengubah, dan menghapus object pada database. oleh karena itu DDL lebih berhubungan pada object bukan pada isi atau data. kata-kata yang akan sering kita jumpai dalam DDL antara lain : Create, Use, Alter, dan Drop.
CREATE statements
Create – To make a new database, table, index, or stored query. A CREATE statement in SQL creates an object inside of a relational database management system (RDBMS). The types of objects that can be created depends on which RDBMS is being used, but most support the creation of tables, indexes, users, synonyms and databases. Some systems (such as PostgreSQL) allow CREATE, and other DDL commands, inside of a transaction and thus they may be rolled back.
CREATE TABLE
CREATE [TEMPORARY] TABLE [table name] ( [column definitions] ) [table parameters].
For example, the command to create a table named mytable with a few sample columns would be:
CREATE TABLE saveMovie (
id int not null auto_increment,
name varchar(30) not null unique,
object1 varchar(60),
object2 varchar(60),
object3 varchar(60),
comment text,
primary key (id));


DROP TABLE
Drop – To destroy an existing database, table, index, or view.
For example, the command to drop a table named mytable would be:
DROP TABLE mytable;

ALTER statements
Alter – To modify an existing database object.
The typical usage is ALTER objecttype objectname parameters. For example, the command to add (then remove) a column named bubbles for an existing table named sink would be:
ALTER TABLE sink ADD bubbles INTEGER;
ALTER TABLE sink DROP COLUMN bubbles;
Referential integrity statements
Finally, other kind of DDL sentence in SQL are the statements to define referential integrity relationships, usually implemented as primary key and foreign key tags in some columns of the tables.
These two statements can be included inside a CREATE TABLE or an ALTER TABLE sentence.
Untuk membuat banyak tabel beserta relasinya dalam suatu system kita dapat menggunakan modeling tools yaitu PowerDesigner. Setelah kita membuat modelnya(CDM) kita dapat men-generate-nya menjadi PDM dan kemudian kita generate lagi untuk mengdapatkan SQL statementnya. SQL statement tersebut kita implemetasikan pada data base melalui sql tools. Seperti sqlplus, raptor, Toad, dll.
2.     Data Manipulation Language (DML)
Data Manipulation Language (DML) merupakan bahasa basis data yang berguna untuk melakukan modifikasi dan pengambilan data pada suatu basis data.
Modifikasi data terdiri dari: penambahan (insert), pembaruan (update) dan penghapusan (delete).
Penambahan data (Insert) pada sebuah tabel:
Syntax:
INSERT INTO <namaTabel> [(field1, field2, … fieldn)] VALUES  <ListValues>
<ListValues> bisa berbentuk nilai tunggal atau berbentuk SQL query. Syarat dari <ListValues>, jumlah, urutan dan jenis datanya harus sama.
Pembaruan data (Update) pada sebuah tabel:
Syntax:
UPDATE <NamaTabel> SET <field1>=<nilai1[,<field2>=<nilai2>, … <fieldn>=<nilain>]
Penghapusan data (delete) pada sebuah tabel:
Syntax:
DELETE FROM <NamaTabel> [WHERE <kondisi>]
[Where <kondisi>] sama seperti where yang dipelajari pada SQL.

DBMS merupakan software yang digunakan untuk membangun suatu sistem basis data yang “sempurna”. DBMS harus dapat mengatur basis data tersebut sehingga dapat tersimpan dengan baik tanpa menimbulkan kekacauan, dapat dipakai oleh banyak user sesuai dengan kepentingan masing-masing, melindungi dari gangguan pihak-pihak yang tidak berwenang.
Berdasarkan orientasi pemakainya, kita dapat mengelompokkan DBMS dalam 2 katagori, yaitu:
I.       DBMS yang berorientasi untuk satu atau sedikit pemakai
MS-Access, dBase/Clipper, FoxBase, Borland-Paradox merupakan contoh-contoh DBMS yang lebih diorientasikan untuk satu pemakai dan karena itu dapat dengan mudah dipasang di komputer pribadi (Personal Computer/PC). Pada DBMS kelompok pertama ini pengembangannya terjadi pada aspek-aspek:
1. Jika awalnya, struktur tabel hanya mencakup pendefinisian nama field, tipe dan ukurannya, DBMS yang lebih baru juga memasukkan feature boleh tidaknya field dikosongkan, nilai awal (default), deksripsi field dan bentuk validasi (pendefinisian domain nilai) sebagai bagian dari struktur tabel.
2. Tipe data yang dapat ditangani oleh DBMS terbaru sudah semakin banyak, seperti untuk mengakomodasi kebutuhan penyimpanan data teks yang panjang, teks berformat, gambar, data OLE, uang dan data autoincrement (yang nilainya bertambah otomatis)
3. Bersama dengan komponen utamanya, DBMS kelompok ini juga seringkali dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan untuk mempermudah pemakai dalam menggunakan DBMS seperti untuk pembuatan query, pembuatan laporan, pembuatan screen untuk berinteraksi dengan data, bahkan hingga pembuatan (men-generate) perinta makro basis data secara otomatis melalui pendifinisian menu dan tampilan layar.
4. DBMS kelompok ini, karena memang lebih diorientasikan untuk pemakai tunggal, juga sering dimanfaatkan sebagai media pembangun aplikasi basis data, sehingga DBMS dan aplikasi basis data jadi menyatu bahkan aplikasi basis data jadi penyatu bahkan aplikasi basis data sendiri dianggap seabgai objek basis data sebagaimana tabel-tabel data yang kita gunakan untuk menyimpan data.
Karena orientasi pemakai seperti itu, maka DBMS-DBMS kelompok ini, lemah dalam sejumlah aspek yang justru harus sangat diperhatikan pada kelompok DBMS yang kedua, seperti yang berkaitan dengan masalah pengamanan basis data, pemeliharaan basis data, mengendalikan persaingan pemakaian basis data dan lain-lain.
II. DBMS yang berorientasi untuk banyak pemakai
Oracle, Borland-Interface, MS-SQL Server, CA-OpenIngres, Sybase, Infomix, IBM-DB2 merupakan contoh-contoh DBMS yang lebih diorientasikan untuk banyak pemakai dan karena itu lebih ditunjukkan untuk pemakaian pada sistem jaringan komputer (LAN ataupun WAN). Tidak sebagaimana kelompok pertama, DBMS pada kelompok ini sangat tegas memisahkan fungsi pengelolaan basis data dan fungsi pembangunan aplikasi. Jika pada kelompok pertama, objek-objek yang dihasilkan oleh DBMS kelompok kedua bersifat sebaliknya. Transparansi hanya berlaku bagi DBMS yang bersangkutan, sehingga pemanfaatan objek-objek basis datanya hanya mungkin dilakukan dengan lebih dahulu mengaktifkan DBMS tersebut. Fungsi-fungsi pendukung (ultilitas) yang umumnya disatukan pada DBMS kelompok pertama, disediakan terpisah pada DBMS kelompok kedua ini, bukan saja karena fungsi-fungsi pendukung tersebut tidak relevan untuk selalu diaktifkan, tetapi juga karena fungsi pengelolaan yang ditangani DBMS kkelompok ini memang sudah sedemikian banyak dan jauh lebih penting. Pada seri-seri terbaru dari DBMS kelompok kedua ini, seperti juga d kelompok pertama, perluasan definisi struktur data dan pengkayaan tipe-tipe data baru juga diakomodasi. Perbedaan yang sangat mencolok di antara kedua kelompok DBMS terdapat pada lingkup fungsi pengelolaan basis data. Selain memiliki fungsi-fungsi standar (yang juga dimiliki oleh DBMS kelompok pertama) seperti pembentukan objek-objek basis data (tabel dan indeks), manipulasi data (penambahan, pengubahan, penghapusan data) dan pencarian data (query), fungsi pengelolaan DBMS kelompok kedua ini juga menangani aspek-aspek:
1. Pengaman objek basis data terhadap akses pemakai yang tidak berhak (aspek security) dan bentuk-bentuk operasi yang tidak diperbolehkan (aspek integrity)
2. Penanganan pemulihan data akibat kegagalan operasi basis data (aspek recovery), baik yang disebabkan oleh operasi-operasi basis data yang salah atau menimbulkan konflik, maupun yang disebabkan oleh fakor-faktor eksternal seperti mesin yang macet (crash), disk yang rusak atau terputusnya koneksi jaringan.
3. Pembuatan data cadangan (aspek backup) yang dapat dilakukan secara incidental maupun periodic yang dapat dilakukan secara statis (dengan menonaktifkan pemakaian basis data) ataupun secara dinamis (tanpa menghalangi pemakaian basis data oleh para pemakai)
4. Pengendalian persaingan pemakaian objek-objek basis data oleh banyak pemakai pada saat yang sama (aspek concurrency control) demi terjaminnya konsistensi data dan optimalisasi pemakaian setiap sumber daya mesin.
5. Optimalisasi pengerjaan query (aspek query processing) yang diberikan oleh aplikasi pada server DBMS demi peningkatan performansi/ kecepatan pengerjaannya.
Optimalisasi pemanfaatan sumber daya (aspek parallel processing/database) dengan memperhatikan optimalisasi pemakaian sumber daya mesin seperti processor, disk dan memori utama jika tersedia lebih dari satu dalam sebuah mesin.
Banyak program basis data yang sudah di gunakan, misalnya : Ms Access, My SQL, Oracle, SQL Server, Postgre, Fire Bird, Paradok, Interbase. Dan contoh yang lainnya adalah Sybase, DB2, Informix, FoxPro, Clipper, dan lain-lain. Berikut fiktur dan standarisasi yang digunakan pada beberapa contoh DBMS:

2.3 Macam-macam Software
·         Microsoft Access

Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2013 yang termasuk kedalam Microsoft Office System 2013.Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC.
Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan kedalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

·         Ms SQL Server
Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa queri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di duniabisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream).
Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java. Fitur yang lain dari SQL Server ini adalah kemampuannya untuk membuat basis data mirroring dan clustering. Pada versi sebelumnya, MS SQL Server 2000 terserang oleh cacing komputer SQL Slammer yang mengakibatkan kelambatan akses Internet pada tanggal 25 Januari 2003.
 
·         Oracle
Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bias berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977. Padatahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang.
·         MySql
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQL dimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hamper atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael “Monty” Widenius.
2.4 Cara menggunakan Microsoft Acces 2007
2.4.1 Membuat Tabel
Untuk membuat tabel terlebih dahulu kita membuka lembar kerja dari microsoft access. Caranya, yaitu:
·         Klik start
·         Pilih all programs
·         Pilih microsoft office
·         Pilih microsoft office access 2007

Atau dengan cara lain:
klik pada icon MS Access 2007 yang ada pada desktop.
Untuk membuat database baru, maka ikuti langkah berikut:
Ø Setelah halaman utama terbuka maka klik blank database, 

Ø ketik nama file dalam kotak File Name.Jika anda tidak mengetik apapun, Access akan menambahkannya untuk anda. Lokasi file bawaannya adalah sebagai berikut : Microsoft Windows Vista c:\Users\user name\Documents atau Microsoft Windows Server 2003 atau Microsoft Windows XP c:\Documents and Settings\user name\My Documents.
Ø Untuk mengubah lokasi penyimpanan file, klik Browse di sebelah kotak fileName, anda bisa memilih lokasi yang baru, dan kemudian klik OK.

Ø Klik create

Untuk membuat tabel lakukan langkah berikut:
ü Pilih view, lalu klik design view.
ü Isikan nama tabel, lalu klik ok.
ü Isi nama field, lalu tentukan tipe datanya. Selanjutnya tentukan ukuran field pada kolom dibawahnya.

Keterangan:
Field Name Fungsinya untuk memasukkan nama-nama field dari suatu tabel.
Data Type :
Text : Merupakan tipe data yang sering digunakan ( Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255.
Number : Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.
Date/Time : Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter.
Memo : Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.
Currency : Sering digunakan untuk nilai mata uang.
AutoNumber Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah
Yes/No : Berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.
OLE Object : Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.
Hyperlink : Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk manyimpan pointer ke situs web.
Lookup Wizard : Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.
ü Setelah selesai, simpan tabel, klik ikon save atau tombol Ctrl+S.
ü Untuk mengisi tabel ketikan data – data yang diperlukan sesuai dengan fieldnya. Setelah selesai simpan data tersebut.

2.4.2 Membuat Query
Query bisa diartikan sebagai pernyataan atau permintaan untuk memproses table yang ada.
Untuk membuat Query lakukan langkah – langkah sebagai berikut:
Ø Pilih Create, klik Query Wizard.

Ø Kemudian pilih Simple Query Wizard, lalu klik ok.
Ø Selanjutnya pilih tabel, lalu pilih field yang akan digunakan, lalu klik tombol >. Selanjutnya klik nextberikutnya isi judul query dan klik finish.

2.4.3 Membuat Form
Untuk membuat form, maka ikuti langkah berikut:
·         Pilih menu create
·         Klik form
·         Selanjutnya akan muncul sebuah form yang berisi tabel – tabel berdasarkan relasinya. Untuk melihat data selanjutnya, klik ikon next yang terletak pada bagian bawah halaman.

Untuk menambah, mengubah, dan menghapus data melalui form, lakukanlah langkah – langkah berikut:
·         Klik formatklik view, lalu pilih form view.
·         Untuk menambah data. Pada tab home, klik new, ketikan data baru pada form, lalu kliksave.
·         Untuk mengubah data. Pilih record yang akan diubah, lalu ubah datanya, kemudian kliksave.
·         Untuk menghapus data. Pilih record yang akan dihapus, lalu klik tanda panah pada delete, lalu pilih delete record. Selanjutnya klik yes pada konfirmasi yang muncul
2.4.3        Membuat dan Mencetak Laporan ( Report )
Untuk membuat report maka ikuti langkah berikut:
Ø Pada tab create, klik report.
Ø Maka akan tampil halaman report.
Ø Untuk mencetak, pada tab home pilih view, kemudian klik print preview. Selanjutnya atur halaman cetak, lalu klik print.


Kesimpulan
            Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lain nya. Basisdata tersimpan di perangkat keras serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak pendefisian basis data meliputu spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau infiormasi. dapat mengetahui apa itu data base, mengetahui sejarah data base, apa saja software ataupun perangkat-perangkat lunak yang digunakan untuk membuat database, kegunaan dbms, ddl, dan dapat mengetahui bagaimana cara membuat data base

0 komentar:

Posting Komentar